THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Kamis, 16 April 2009

Template di mambo cms bag.1

Template adalah theme, layout atau pola untuk mendisplay output yg digenerate oleh mambo. Dengan template, website yang kita buat menjadi lebih mudah utk dirubah tampilan-nya, merubah format tampilan dan styling sebuah website. Kalo gak pengen susah2, banyak seh template2 buat mambo yang bisa kamu download, pake dan rubah. Tapi adakalanya, kamu udah punya sebuah desain html yg siap untuk di convert menjadi template di mambo. Tulisan ini akan menjelaskan sedikit mengenai isi dari sebuah file template di mambo.

Template mambo terletak di direktori 'templates'. Untuk membuat dan berkreasi dengan template-mu sendiri, yang paleng gampang adalah dengan meng-kopi default template di mambo utk kemudian di modifikasi sesuka hati. Di setiap template terdapat beberapa file penting yg harus ada supaya template-mu bisa dikenali di mambo.

mytemplate adalah nama direktori tempat kita menyimpan file2 yg diperlukan. Di dalamnya terdapat direktori images, tempat menyimpan file2 image kita dan direktori css, tempat menyimpan file css yg secar umum dinamakan template_css.css. Kamu bisa menamakan file css sesuka hati asal sesuai dengan definisi di file xml-nya (akan dijelaskan nanti). Di dalam mytemplate sendiri file utama tersimpan yaitu index.php, file utama dan templateDetails.xml, file definisi template kita.

Setelah kamu meng-kopi default template, yang pertama kita lakukan adalah mengedit templateDetails.xml sesuai dengan definisi dari mytemplate.

ex3me.org

0 komentar: